Photobucket

Sabtu, 12 Februari 2011

Etos Kerja

w awasan Produktivitas etos kerja

Fungsi laten lembaga sosial adalah hasil yang tidak dikehendaki.

HASIL :

FUNGSI LATEN

A. PENGERTIAN

Fungsi laten lembaga sosial adalah hasil yang tidak dikehendaki dan mungkin tidak diakui/jika dianggap sebagai hasil sampingan.

B. MARAKNYA PEMBANGUNAN SUPERMARKET

Supermarket sangatlah penting bagi masyarakat sebagai tempat untuk pusat perbelanjaan. Di era sekarang ini, Pembangunan supermarket makin marak. Seolah-olah pasar tradisional maupun pasar-pasar lainnya tidak lagi diperhitungkan. Pembangunan supermarket yang biasanya dilaksanakan diperkotaan besar. Sekarang tidak asing lagi di pedesaan. Pembangunan supermarket di pedesaan dilakukan karena lahan di perkotaan yang semakin sempit karena pertambahan penduduk dan masyarakat pedesaan yang juga membutuhkan supermarket.

Akibatnya, sawah-sawah yang ada di pedesaan harus dikorbankan untuk lahan pembangunan supermarket dan para petani kehilangan pekerjaan. Bagi para petani hal tersebut sangat merugi, tetapi bagi sebagian orang hal tersebut dapat menguntungkan bagi warga pedesaan. Karena warga pedesaan dapat merasakan kenyamanan dalam belanja di pusat perbelanjaan yang bersih,sejuk ,rapi dan lebih aman dari pada pasar tradisional. Warga pedesaan juga dapat lebih maju dan modern sebagai masyarakat suatu negara,walaupun tempatnya di desa. Selain itu, desa yang memiliki supermarket juga akan terkenal dan masyarakat desa setempat menjadi bangga/ bisa mencari pekerjaan

Namun, jika pembangunan supermarket harus mengorbankan rumah-rumah warga untuk diratakan pasti menimbulkan pro dan contra. Ada warga yang setuju asalkan ada ganti rugi yang lebih dari cukup,tetapi ada juaga warga yang egois dan tidak mau tempat tinggalnya digusur.

Semua itu jika dilihat dari sisi negatifnya sedangkan sisi positifnya yaitu, para pengangguran yang ada didesa dapat memiliki pekerjaan dan penghasilan dengan cara bekrja di supermarket itu. Maka keberadaan supermarket dapat memberi keuntungan yang lebih besar bagi warga masyarakat walaupun terkadang tidak dikehendaki keberadaanya oleh masyarakat.


C. CARA MEMINIMALISASI

Masyarakat harus mementingkan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi agar pembangunan supermarket dapat dilaksanakan tanpa ada pro dan contra. Selain itu masyarakat juga harus memikirkan segi positifnya apabila diadakan pembangunan supermarket, dan menghormati serta menghargai usaha pemerintah untuk menjadikan Negara kita lebih maju dan modern serta menambah pemasokan kas negara.

0 coment:

Posting Komentar